Thursday 5 September 2013

SMPN 33 Bandung: ACIL (ANAK CINTA LINGKUNGAN) & PRESTASI LINGKUNGAN SMPN 33 BANDUNG

Sebagian anggota ACIL kelas 7 SMPN 33 Bandung berfoto bersama di Green House area nya SMPN 33 Bandung saat road show event sosialisasi Sekolah Adiwiyata Kota Bandung di SMPN 33 Bandung pada hari kamis, 5 September 2013
Anggota ACIL kelas 9 SMPN 33 Bandung berfoto bersama di depan tenda Sekolah Adiwiyata dan BPLH Kota Bandung pada saat event road show sosialisasi Sekolah Adiwiyata Kota Bandung
Sebagian trophy penghargaan di bidang lingkungan yang telah di raih oleh SMPN 33 Bandung
Piala Penghargaan Raksa Prasada Sekolah Berbudaya Lingkungan Tingkat Provinsi tahun 2012 yang telah diterima oleh SMPN 33 Bandung dari Gubernur Jawa Barat
Piala Juara I Bandung Green School Tahun 2012 yang diberikan kepada SMPN 33 Bandung
ACIL didirikan pada tahun 2009, oleh kepala sekolah periode 2009 - 2012. Saat itu ACIL belum terlalu menyebar luas. Karena waktu itu visi dan misi kita belum mengarah kepada lingkungan. Melainkan tertuju kepada kegiatan membaca.

Pada saat itu ACIL hanya bertugas mengawasi kebersihan saja, selanjutnya kami juga menyadari akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup sebagai upaya untuk kesejahteraan umat manusia umumnya. Tetapi di saat kita menyadari akan kebersihan itu maka ACIL lebih dikembangkan tepatnya pada tahun 2012 hingga saat ini di bawah pimpinan Kepala Sekolah SMPN 33 Bandung yaitu Ibu Dra Tatin Lesmanawati M. M.Pd dan para guru LH.

Disitulah anggota ACIL memulai untuk mengembangkan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan di antaranya pembuatan composting, pendaur ulang sampah, pendaur ulang air dan kreatifitas-kreatifitas lainnya.

Adapula pembuatan biopori yang berfungsi untuk penyerapan air limbah dan mempunyai keuntungan nya yaitu dapat menghemat air, masih banyak pula hasil yang telah mereka ciptakan.

Anggota ACIL terdiri dari kelas 7, kelas 8 dan kelas 9, termasuk seluruh warga SMPN 33 Bandung. ACIL pun memiliki prestasi diantaranya yaitu Juara I Bandung Green School di Tingkat Kota Bandung pada tahun 2012, Juara I Lomba UKS se-provinsi Jawa Barat, Penghargaan Raksa Prasada Sekolah Berbudaya Lingkungan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2012 dan saat ini sedang dalam tahap penilaian lomba Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Disinilah ACIL berkembang dan menjadi suatu kebanggaan terutama di SMPN 33 Bandung. Dan kami berharap tidak hanya di SMPN 33 saja, melainkan di seluruh Indonesia.

No comments:

Post a Comment