Thursday 5 September 2013

SMAN 19 Bandung: ITALIK (IKATAN PELAJAR CINTA LINGKUNGAN)

Spanduk kesiapan SMAN 19 Bandung menjadi laskar lingkungan hidup terpasang di lapangan olahraga SMAN 19 Bandung saat road show event sosialisasi Sekolah Adiwiyata Kota Bandung di SMAN 19 Bandung pada hari rabu, tanggal 4 September 2013
Apa itu ITALIK?

Sesuai singkatannya, ITALIK adalah ekstrakurikuler yang bergerak di bidang lingkungan hidup yang berdiri pada awal bulan Juli 2013. ITALIK SMAN 19 BANDUNG telah melakukan beberapa kegiatan baik di dalam maupun di luar sekolah, di mulai dengan membuat lubang resapan Biopori, menanam dan merawat Green House yang tentunya dilakukan langsung oleh siswa melalui bimbingan dan ajaran dari guru-guru PLH dan Biologi. Tidak hanya tumbuhan, kita juga memelihara hewan seperti ikan.

Kegiatan yang kita lakukan

Pembuatan lubang resapan Biopori ini dilakukan semenjak awal bulan Juni. Melalui kesadaran siswa yang ingin ikut berpartisipasi dalam tujuan sekolah membuat suasana belajar yang nyaman dan ramah lingkungan hingga akhirnya pembuatan lubang biopori pun lebih cepat rampung dalam pelaksanaan nya.

Pelubangan Biopori sendiri dilakukan di dua titik yang disesuaikan pemanfaatannya:

a. Parit-parit daerah kelas dan sekitarnya

Pelubangan Biopori pada tempat seperti ini dimaksudkan untuk pencegahan dan penanggulangan banjir. Seperti pada saat turun hujan, untuk mencegah meluapnya air ke daerah kelas atau ke tempat-tempat yang tidak diinginkan maka dari itu kami membuat lubang resapan.

b. Halaman di balik pohon

Sementara pelubangan pada tempat ini dilakukan untuk memudahkan kita dalam pembuatan pupuk kompos. Kompos sendiri terdiri dari dedaunan kering yang terjatuh dari pohon di sekitar sehingga dipermudah untuk dimasukkan ke dalam lubang Biopori. Dan dalam beberapa waktu ketika kompos sudah jadi, maka dilakukan pengangkatan kompos untuk dijadikan pupuk.

Tidak hanya Biopori, ITALIK ini sendiri juga ikut berperan aktif dalam perawatan lingkungan sekolah, terbukti dengan kegiatan penyiraman tanaman rutin yang berada di area Green House dan seluruh tanaman di sekitar ruangan kelas tentu saja melalui bimbingan guru PLH dan petugas lingkungan sekolah.

Selain itu ITALIK SMAN 19 BANDUNG juga mendapat undangan pada Hari Lingkungan Hidup (HLH) pada 15 Juni 2013 dalam acara tersebut selain menjadi tamu undangan yang juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Ahmad Heryawan, SMAN 19 BANDUNG mendapat penghargaan sebagai Juara III dalam kegiatan perlindungan komunitas sungai yang diadakan se-Jawa Barat.

Selain itu, dalam HLH tersebut juga diisi oleh kegiatan peresmian Polisi Air yang bertugas menjaga ekosistem dan komunitas sungai, karena dalam sejarah mengatakan peradaban pertama di mulai melalui kehidupan di sungai. Selain itu juga karena dalam lingkungan sungai terdapat berbagai jenis mikroba yang nantinya akan dibutuhkan oleh kita, dari penjelasan singkat tentang pentingnya keberadaan ekosistem sungai, maka diresmikanlah Polisi Air yang hanya berjumlah 10 orang, 3 di antaranya adalah siswa SMAN 19 Bandung.

Segitu dulu perkenalan ITALIK. #SALAM LH

Editor: Mutia F

"Quotes: saat pohon terakhir tumbang, sungai terakhir tercemar, dan ikan terakhir mati kita akan sadar bahwa uang tidak bisa kita makan"

No comments:

Post a Comment